Pasca Ledakan Pager, Lebanon Laporkan ke DK PBB

SINMETA.CO.ID, Beirut – Pemerintah Lebanon akan mengadukan serangkaian ledakan perangkat elektronik yang terjadi di negara tersebut baru-baru ini yang melukai lebih dari 3.000 orang kepada Dewan Keamanan PBB, kata Perdana Menteri sementara Najib Mikati pada Rabu (18/9).

“Kami menginstruksikan agar mengajukan pengaduan ke Dewan Keamanan PBB dan meminta pertemuan untuk membahas agresi ini,” kata Mikati seperti dikutip kantor pers pemerintah Lebanon.

Seorang sumber warga Lebanon mengatakan kepada Sputnik bahwa perangkat komunikasi selain penyeranta meledak di berbagai wilayah di Lebanon pada Rabu.

Media Lebanon melansir bahwa walkie-talkie yang meledak tersebut dibeli sekitar lima bulan lalu, yakni hampir bersamaan dengan penyeranta (pager) yang meledak pada Selasa.

Sedikitnya 14 orang tewas dan 450 orang lainnya terluka dalam gelombang kedua ledakan, kata Kementerian Kesehatan Lebanon.

Menurut Kemenkes, sebanyak 2.800 orang terluka dan sedikitnya 12 orang tewas akibat ledakan massal penyeranta pada Selasa.

Pemerintah Lebanon dan kelompok Hizbullah menyalahkan Israel atas peristiwa ledakan tersebut.

Laporan media menyebutkan bahwa alat komunikasi penyeranta yang digunakan Hizbullah sebagai sistem komunikasi tertutup yang paling kokoh terhadap upaya peretasan dan penyadapan.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post KCIC Akan Refund 100 Persen Tiket Penumpang Terdampak Gempa
Next post 139 Penumpang Kapal Kandas di Konawe Dievakuasi Tim SAR