BMKG Pantau 327 Titik Panas di Wilayah Sumatera

SINMETA.CO.ID, Pekanbaru – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mendeteksi 327 titik panas (hot spot) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sumatera pada Sabtu (31/8/2024), 38 di antaranya berada di Riau. Seluruh hot spot itu tersebar di 10 provinsi, yakni Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, dan Bangka Belitung.

Forecaster on Duty BMKG Pekanbaru Gita Dewi S mengatakan, hot spot tertinggi berada di Sumatera Selatan (Sumsel), Jambi, dan Bangka Belitung.

“Di Aceh ada sebanyak lima titik, Bengkulu 12 titik, Jambi titik 47, Lampung tiga titik, Sumatera Barat 10 titik, Sumatera Selatan (Sumsel) 158 titik, Sumatera Utara lima titik, Kepulauan Riau tiga titik, Bangka Belitung 46 titik, dan Riau 38 titik,” kata Gita, Sabtu (31/8/2024).

Khusus di Riau, ada tiga kabupaten penyumbang titik panas, yakni Kabupaten Indragiri Hilir sebanyak 28 titik, Indragiri Hulu enam titik, dan Kuantan Singingi empat titik.

Sementara itu, cuaca di Kota Pekanbaru dan sekitarnya pada pagi hingga malam hari diprediksi cerah berawan. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Meranti, Indragiri Hulu, dan Kota Dumai.

Jarak pandang di Pekanbaru dan sekitarnya berkisar antara 4 sampai 8 kilometer. Kemudian, informasi partikulat kelayakan udara di Kota Pekanbaru dan sekitarnya tergolong baik. Grafik menunjukkan angka 34,30 µgram/m3 menyentuh garis biru dengan kategori sedang.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Israel dan Hamas Sepakat Berikan Waktu Untuk Vaksinasi Polio
Next post Kebijakan Tarif KRL Sesuai NIK Tuai Kontroversi Masyarakat