Super Air Jet Tergelincir di Bandara Weda Bay, Halmahera

SINMETA.CO.ID, Halmahera – Pesawat Air Jet penerbangan nomor IU-2180 keluar landasan saat mendarat di Bandara Weda Bay, Halmahera Tengah, Maluku Utara, pada Sabtu, 25 Mei 2024. Kepala Bagian Kerja Sama Internasional Hubungan Humas dan Umum Dirjen Hubungan Udara, Mokhammad Khusnu, menyatakan Bandara Weda Bay ditutup sementara akibat insiden tersebut. “Saat ini bandara Weda telah dilakukan penutupan sementara untuk melakukan evakuasi pesawat,” kata Mokhammad Khusnu dalam keterangannya, Sabtu.

Terpisah, Direktur Utama (Chief Executive Officer) Super Air Jet, Ari Azhari menyampaikan permintaan maafnya terkait pesawat yang keluar landasan tersebut. Ari menjelaskan, pesawat Airbus 320-200 dengan registrasi PK-STD mendarat di Bandar Udara Weda Bay pukul 14.00 WIT dalam kondisi cuaca kurang baik atau hujan. “Pesawat tergelincir diduga akibat cuaca yang kurang baik,” ujarnya, dikutip dari Tribunnews.

Terpisah, Direktur Utama (Chief Executive Officer) Super Air Jet, Ari Azhari, menjelaskan pesawat Airbus 320-200 dengan registrasi PK-STD mendarat di Bandar Udara Weda Bay pada pukul 14.00 WIT dalam kondisi cuaca yang kurang baik atau hujan. “Setelah menyelesaikan fase pendaratan, bagian depan pesawat melewati batas landas pacu,” ujarnya, dalam keterangannya, Sabtu. Meski demikian, ia enggan berspekulasi terkait penyebab terjadinya insiden tersebut. Ari pun menegaskan bahwa pelaksanaan penerbangan telah dijalankan sesuai dengan standar operasional prosedur.

Sementara itu, terkait insiden tersebut, pihaknya menyerahkan proses investigasi kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan pihak berwenang.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Tim Inafis Selidiki Kebakaran Kilang di Balikpapan
Next post Qatar Airways Alami Turbulensi Hebat, 12 Penumpang Luka