Gunung Raung Turun Status Jadi Waspada

SINMETA.CO.ID, Manado – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status aktivitas vulkanik Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara dari siaga menjadi waspada.
Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengatakan penurunan status dilakukan terhitung mulai 18 Mei 2024, pukul 09.00 Wita.

Penurunan status dilakukan dengan mempertimbangkan aktivitas Gunung Ruang belakangan ini. Pada 8-18 Mei 2024, PVMBG mencatat jumlah gempa vulkanik dalam dan gempa vulkanik dangkal cenderung menurun dari hari ke hari.

Gempa tremor menerus masih terekam dengan amplitudo dominan mengecil pada kisaran 2 sampai 4 milimeter. Asap kawasan memiliki ketinggian rentang 100 hingga 700 meter di atas puncak kawah dengan intensitas tebal dan tekanan lemah.

“Asap kawah berwarna putih dengan intensitas tebal, tekanan lemah, dan tinggi 200-500 meter di atas puncak kawah,” kata Hendra, Sabtu (18/5) seperti dikutip dari Antara.

Meski status waspada, Gunung Ruang masih menyimpan potensi bahaya berupa erupsi yang menghadirkan lontaran material pijar radius 2 kilometer dari kawah aktif serta paparan abu vulkanik yang bergantung pada arah dan kecepatan angin.

Banjir lahar hujan juga perlu diwaspadai bila turun hujan deras di sekitar Gunung Ruang.

PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Ruang selalu waspada dan tidak memasuki wilayah radius 2 kilometer dari pusat kawah aktif gunung api tersebut.

“Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernapasan,” kata Hendra.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Kemenpora dan KONI Optimis PON XXI Akan Sukses
Next post Kemenag Berikan Kartu Pengenal Khusus untuk Jamaah Haji