Mentan Syahril Yasin Limpo Sudah Tiba di Jakarta

SINMETA.CO.ID, Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dipastikan telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, pada malam ini, Rabu, 4 Oktober 2023. Syahrul pun langsung meluncur ke NasDem Tower setibanya dia dari luar negeri.

Berdasarkan pantauan Tempo, mobil Toyota Alphard dengan nomor polisi B 8055 ADT yang dinaiki Syahrul dari bandara tiba di NasDem Tower pada sekitar pukul 19.45 WIB. Akan tetapi mobil tersebut langsung menuju lantai basement dan Syahrul tidak masuk melalui pintu depan kantor DPP NasDem tersebut.

Penjagaan di Kantor DPP NasDem malam ini pun cukup ketat. Beberapa sekuriti berseragam coklat dan seragam hitam dengan baret berlambang partai Nasdem terlihat bersiaga.

Dilansir dari Tempo, beberapa security yang berjaga enggan berkomentar soal kedatangan Syahrul tersebut. Mereka mengatakan baru saja turun.

“Tidak tahu, baru ganti seragam,” kata seorang sekuriti.

Selang beberapa saat, kuasa hukum Syahrul, Febri Diansyah, terlihat tiba di NasDem Tower.

Syahrul terjerat kasus pemerasan dalam jabatan, gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) oleh KPK. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyatakan telah lama mendengar soal penetapan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka. Menurut dia, KPK telah lama melakukan gelar perkara penetapan tersangka tersebut.

“Bahwa dia sudah ditetapkan tersangka saya sudah dapat informasi malah sejak kalau eksposenya itu kan sudah lama, tapi resminya ketersangkaannya itu sudah digelarkan lah,” kata Mahfud usai acara program pendidikan Lembaga Ketahanan Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 4 Oktober 2023.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Tempo, KPK sebenarnya telah menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini. Selain Syahrul Yasin Limpo, KPK juga telah menetapkan Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyo, dan Direktur Alat Mesin Pertanian Muhammad Hatta sebagai tersangka.

Juru Bicara KPK RI Ali Fikri membenarkan bahwa institusi Anti Rasuah telah menetapkan tersabgak korupsi di Kementan. Namun ia enggan membeberkan identitas tersangka.

“Seluruh proses penanganan akan disampaikan utuh pada saatnya,” kata Ali di Jakarta, Kamis, 28 September 2023.

KPK sebelumnya telah menggeledah rumah dinas Syahrul Yasin Limpo di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan. Dalam penggeledahan itu, KPK menyita uang senilai Rp 30 miliar dan 12 senjata api. Hari ini, penyidik lembaga anti rasuah juga menggeledah rumah pribadi Syahrul dan anaknya di Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam penggeledahan itu, tim penyidik membawa pulang dua koper plus satu mobil Audi berwarna hitam.

 

 

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Imbas Kabut Asap, Penderita ISPA di Palembang Capai 14.960 Jiwa
Next post Syahrul Yasin Limpo Mengundurkan Diri dari Jabatan Mentan