Karhutla Semakin Buruk, Presiden Perintahkan Jajarannya Atasi Titik Api

SINMETA.CO.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri serta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mencegah dan menangani Kebakaran Hutan di beberapa titik di Indonesia.

Presiden mengatakan, karhutla tak terlepas dari kondisi kemarau yang saat ini terjadi dan belum berlalu, sehingga semua pihak TNI, Polri dan pemerintah daerah (pemda) untuk responsif dalam mencegah serta menangani Karhutla.

“Yang terpenting saya sudah perintah kepada Panglima dan Kapolri  serta pemda, untuk segera menangani sekecil apapun titik api sehingga tidak membesar,” kata Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (7/10/2023).

Dia mengatakan cuaca panas yang memicu kebakaran lahan tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga terjadi di beberapa negara.

“Oleh karena itu pencegahan dan penanganan karhutla harus dimaksimalkan agar dampaknya tidak besar,” ujar Jokowi dikutip dari setkab.go.id Miggu (8/10/2023).

Jokowi mengatakan ,Pemerintah Indonesia tidak tinggal diam saat karhutla terjadi, Pencegahan dan penanganan akan terus dilakukan.

“Iya ini memang panasnya itu panasnya memang kemaraunya itu memang panjang dan panasnya memang melebihi dari normal yang ada. Tidak hanya di Indonesia kebakaran hutan itu terjadi, di AS di Kanada, dan kita kita disini bisa mengendalikan lah coba bandingkan dengan 2015 masih jauh sekali,” ujarnya.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Asian Games 2022 Hangzhou Resmi Ditutup
Next post Gempa Afghanistan Tewaskan 2000 Orang Lebih