Indonesia Juara Dua Kejuaraan Dunia Kempo di Tokyo Tahun 2023

SINMETA.CO.ID, Tokyo – Para Kenshi Indonesia telah berhasil mengharumkan nama bangsa dan negara melalui prestasi gemilang pada Kejuaraan Dunia Kempo, “2023 World Taikai” di Tokyo Tahun 2023. Atlet-atlet binaan Pengurus Besar Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PB.Perkemi) memastikan Indonesia keluar sebagai juara kedua.

“Indonesia menorehkan prestasi gemilang dengan menduduki juara kedua, setelah Tuan Rumah Jepang,” jelas Ketum PB.Perkemi Laksdya TNI Purn Agus Setiadji usai penutupan “2023 World Taikai” pada Minggu 8 Oktober 2023 di gedung Budokan Tokyo.

Sebanyak 41 negara yang terlibat dalam Kejuaraan Dunia Kempo, menurunkan para Kenshi yang berlaga pada 36 nomor pertandingan. Kontingen Indonesia yang terdiri dari 153 Kenshi ikut 19 nomor pertandingan dan meraih 4 emas, 3 perak dan 5 perunggu.

Pendiri Shorinji Kempo Indonesia, Sensei Drs.Indra Kartasasmita turut hadir mendukung para Kenshi yang berasal dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur dan NTT. Hadir juga Kabid Kerja Sama Luar Negeri Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Galih Dimuntur Kartasasmita mewakili Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

Adapun PB.Perkemi optimistis prestasi Indonesia harusnya bisa lebih baik lagi. “Seharusnya Indonesia bisa mendapat lebih dari 2 medali emas lagi, namun mendapat pengurangan karena kelebihan waktu dan aspek teknis sehingga mendapat pengurangan nilai dan tidak dapat medali sama sekali.,” terang Agus.

Hal tersebut menjadi evaluasi PB.Perkemi agar pada kompetisi internasional dan Taikai berikutnya, Indonesia dapat lebih berprestasi. Selanjutnya, “2027 World Taikai” akan diselenggarakan di Jepang lagi, karena berkaitan dengan HUT Shorinji Kempo ke-80.

Tak hanya bertanding mewakili Indonesia, sebagian Kenshi juga akan ikuti ujian. “Jumlah atlet Indonesia yang datang ke Jepang sebanyak 153 Kenshi, yang sebagian akan ikut ujian kenaikan Tingkat (Dan-Grading) di Honbu Tadotsu, provinsi Kagawa, mulai tanggal 9 Oktober 2023,” terang Ketum PB.Perkemi.

Selain itu, PB.Perkemi juga membawa kabar baik untuk Indonesia. Komunikasi Ketum PB.Perkemi dengan Presiden World Shorinji Kempo Organization (WSKO), Mr. Kouma So Sensei, membuahkan hasil manis. WSKO memberikan izin Indonesia sebagai Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Kempo antar mahasiswa pada tahun 2025.

Atas prestasi gemilang, peningkatan kualitas atlet dan keberhasilan meyakinkan dunia untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dunia, Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengucapkan selamat.

“Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya mengucapkan selamat kepada para Kenshi binaan PB.Perkemi yang telah berhasil membuat Indonesia bangga dengan prestasi gemilang. Sangat membanggakan. Jangan cepat puas, terus berlatih untuk menjadi yang terbaik di dunia,” ujarnya.

“Sukses bagi Kenshi yang mengikuti kenaikan tingkat dan apresiasi serta penghormatan setinggi-tingginya kepada PB.Perkemi yang berhasil mengantar atlet meraih prestasi melalui program pembinaan yang baik dan juga keberhasilan meyakinkan dunia, untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Kempo antar mahasiswa,” sambungnya.

Kenshi Indonesia peraih medali;

EMAS

1. Farel Totomone & Aristo Naben (Embu pasangan putra kyu kenshi),

2. Yustino Elmaser & Dionisius Ramli ( Embu pasangan 2-Dan),

3. Aviva Amelia Iskandar dan Dinda Rizky Amelia (embu pasangan putri kyu Kenshi),

4. Putra gadang mulia gusti (embu solo kyu kenshi)

 

PERAK

1. Dewinda F. Pinis & Romana Kenshi Balla (Embu pasangan putri kyu kenshi),

2. Ingki D. Pinis & Fitri Radja Huki (Embu pasangan I-Dan),

3. Nur Indah Ekayati & Yulia sari (embu pasangan putri 2-dan).

 

PERUNGGU

1. Varel Kuhurima ( Embu solo kyu-I)

2. Revi Pratama Syam dan Erik Syahputra,

3. Didi Rahim Ramadhan dan Muh. Faturrahman (Embu pasangan Putra Kyu Kenshi),

4. Hafsa & Randi (pasangan Campuran 3-dan).

5. Larasaati Sandradevi & Renasto Prastiwi (embu putri Kyu Kenshi).

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Kementerian Luar Negeri Pastikan 13 WNI di Gaza Aman
Next post ICW Tuntut Ketua KPK Mundur dari Jabatannya Terkait Pemerasan Kasus SYL