Puluhan Ribu Warga Mengungsi Akibat Banjir Besar Korea Selatan

SINMETA.ID, Busan – Sebanyak 40 orang meninggal dunia akibat banjir bandang dan longsor yang menyapu sejumlah wilayah di Korea Selatan. Hujan lebat yang turun selama beberapa hari terakhir telah mengakibatkan banjir hingga longsor di beberapa daerah

Hingga Senin (17/7),  masih ada sembilan orang yang dinyatakan hilang akibat banjir. Sementara itu, 10 ribu penduduk terpaksa mengungsi. Jumlah korban meninggal dunia itu termasuk 13 korban tewas yang terjebak banjir dalam terowongan di Kota Cheongju, Provinsi Chungcheong Utara. Total ada 16 kendaraan yang terperangkap di terowongan setinggi 685 meter di Cheongju yang terendam banjir pada Senin pagi. Banjir menggenangi terowongan itu terjadi akibat tepian tanggul.

Dikutip The Korea Herald, pihak berwenang mengerahkan setidaknya 486 personel dan 81 alat berat untuk mempercepat drainase dan mencari korban yang masih hilang. Beberapa korban tewas lainnya terdapat di Provinsi Gyeongsang Utara sebanyak 19 orang, empat orang di Provinsi Chungcheon Selatan, dan satu di Kota Sejong. Sementara itu sembilan orang yang masih hilang terdapat di Gyeongsang Utara, termasuk satu orang di Busan.

Sebanyak 34 orang juga dilaporkan terluka akibat banjir bandang dan longsor sejak akhir pekan lalu. Kementerian Keamanan Dalam Negeri juga menuturkan setidaknya 631 fasilitas umum rusak, termasuk 170 tanggul yang jebol, 147 jalan rusak, hingga 139 rumah terendam banjir, dan 52 rumah hancur. Kementerian juga menuturkan sebanyak 579 ribu ternak mati, termasuk sapi, babi, dan ayam. Sebanyak 271 jalan dan 853 daerah dekat sungai di seluruh negeri juga terisolasi banjir dan longsor.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Budi Arie Setiadi Resmi Dilantik Jadi Menkominfo
Next post Jakarta Fair 2023 Resmi Ditutup