Penuh Pesan Dalam, Thisi Ajak Pendengar “Merayakan Kesedihan”

SINMETA.ID, Jakarta – Sebuah karya untuk meningkatkan awareness Anti Kekerasan Seksual, akhirnya hadir. Thisi, seorang pegiat hak perempuan, co-founder Saling Jaga Indonesia yang juga seorang dosen sekaligus musisi yang sampai saat ini sudah mempunyai 8 karya musik mulai dari jazz, R&B, hingga poptronic kembali lewat karya yang merupakan bentuk kegelisahannya terhadap kasus kekerasan seksual di Indonesia yang makin meningkat. Sebagai seorang pendidik sekaligus penyanyi, Anathasia Citra (nama lengkap dari Thisi) akhirnya dapat menggabungkan peran tersebut lewat karya musik.

Merayakan Kesedihan” menceritakan kisah nyata perjalanan batin seorang penyintas kekerasan seksual. Thisi bekerjasama dengan Evan Wiratama yang menjadi produser dan penulis lagu ini, mewawancarai dan mendalami apa yang dilalui dan dirasakan penyintas.

“Lagu ini memaparkan pengalaman penyintas sekaligus sebagai representasi bagi banyak penyintas kekerasan seksual yang belum bisa berbagi perasaan mereka. Walau judulnya adalah “Merayakan Kesedihan”, tapi makna lagu ini adalah tentang harapan, seperti secuplik liriknya segala memori yang mengganggu, semestinya menghilang disini, menuntut sang fajar hadir lagi, bahagiamu datang esok hari.” ujarnya.

Thisi berharap, lagu ini dapat meningkatkan kesadaran dan mengatasi stigma yang melekat pada korban kekerasan seksual serta berempati kepada mereka. Karya ini akan menjadi salah satu langkah Thisi dalam memperjuangkan perubahan sosial yang lebih baik.

Saat ini Thisi adalah penerima beasiswa Fulbright, beasiswa bergengsi di dunia untuk meraih PhD Komunikasi dengan area konsentrasi “Social Justice and Inclusion Advocacy” di Amerika Serikat. Thisi berharap lewat dunia pendidikan sekaligus hiburan, dia dapat berkontribusi terhadap perjuangan melawan kekerasan seksual secara lebih luas.

“Saya berharap, lewat peran saya di dunia pendidikan dan hiburan, saya dapat berkontribusi terhadap perjuangan melawan kekerasan seksual secara lebih luas, karena buat saya, musik itu menyatukan,” tambah Thisi.

Lagu ini sudah dapat didengarkan mulai 30 Juni 2023 melalui platform digital seperti Spotify dan iTunes, dan digital streaming platforms lainnya.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Tunjukkan Eksistensi, Zen Aji Rilis “Wish I Could Meet You”
Next post Gempa Bumi 6,4 SR Guncang Yogyakarta