Mantan Ketua Wantimpres Sri Adiningsih Wafat

SINMETA.ID, Jakarta – Kabar duka datang dari dunia ekonomi. Mantan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2014-2019 sekaligus Guru Besar Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Adiningsih meninggal dunia.

Perempuan yang kerap disapa ‘Mba Nining’ tersebut merupakan teman SMP dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia juga pernah menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Presiden pada periode 2014-2019.

“Mohon dimaafkan segala kesalahan. Doa kita yg terbaik buat Mba Nining. Semoga keluarga yg ditinggalkan diberikan ketabahan dan penghiburan,” begitu pesan yang diterima awak media pada Sabtu (17/06/2023).

Nining lahir Surakarta, 11 Desember 1960. Dikutip dari Detik, ia mengaku banyak memberikan masukan ekonomi untuk visi-misi Jokowi saat maju menjadi calon presiden.

Jokowi sendiri tercatat mengenyam pendidikan menengah di SMP Negeri 1 Surakarta. Sekolah itu juga merupakan tempat Nining mengenyam pendidikan.

Sri Adiningsih merupakan lulusan UGM. Ia juga pernah mengemban studi di University of Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat.

Setelah memperoleh gelar doktor itu, ia menjadi dosen Pascasarjana UGM. Di sana, ia menjabat Kepala Pusat Studi Ekonomi Asia-Pasifik UGM.

Pada 1997, ia dipercaya sebagai Adviser/Principal Economist at Exim Securities. Lalu pada 1998 ia merupakan anggota tim ahli penyiapan materi GBHN bidang Wanhankamnas.

Ia juga pernah jadi anggota pada Ombudsman Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dan Tim Ahli Panitia Ad hoc Majelis Permusyawaratan Rakyat(MPR) pada tahun 2001.

Pada tanggal 19 Januari 2015, ia ditunjuk oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjadi salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden(Wantimpres).

 

(FW)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *