Cetak Sejarah, Turkish Airlines Akan Borong 600 Pesawat Baru

SINMETA.ID, Istanbul – Maskapai plat merah milik negara Turki, Turkish Airlines rencananya akan mencatat sejarah karena berbelanja pesawat dalam jumlah paling banyak. Mereka rencananya akan membeli 600 pesawat baru.

Rencana itu diungkapkan Turkish Airlines menjelang International Air Transport Association (IATA), yang sekaligus menjadi tuan rumah.

Disebutkan bahwa pesanan jumbo tersebut terdiri dari 400 pesawat berbadan kecil dan 200 pesawat berbadan lebar. Artinya, Turkish Airlines akan memiliki armada 810 pesawat pada tahun 2033.

Jumlah pesanan itu akan menjadi yang terbesar dalam sejarah industri oleh satu maskapai penerbangan. Pesanan mereka melampaui rekor pesanan oleh Air India sebanyak 470 pesawat Airbus dan Boeing pada bulan Desember lalu.

Dalam pertemuan tahunan IATA, yang berlangsung di Istanbul pada 4-6 Juni 2023, dihadiri sekitar 280 maskapai penerbangan.

Bolat mengatakan Turkish Airlines hampir mencapai kesepakatan dengan Boeing untuk bagian dari pesanan tersebut tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Boeing menolak berkomentar.

Rencana ambisius Turkish Airlines itu untuk mendongkrak perjalanan udara ke Istanbul, bersaing dengan maskapai Eropa dan dari kawasan Teluk. Turkish Airlines mengumumkan rencana strategis 10 tahun dan target pertumbuhan yang mencakup tujuan menangani 170 juta penumpang pada tahun 2033, naik ketimbang tahun 2023, sebanyak 85 juta.

 

(FW)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Flu Babi Masuk Indonesia, Ancam Kegiatan Ekspor
Next post Pasca KTT, ASEAN Mantap Gerakkan Ekosistem Mobil Listrik