Presiden Tegaskan Timnas Israel Akan Tetap Berlaga di Piala Dunia U-20

SINMETA.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo akhirnya buka suara terkait polemik Tim Nasional (Timnas) Israel U-20 di Piala Dunia U-20. Jokowi menegaskan tidak akan mencampur adukkan perihal olahraga dan politik, karena itu ia menjamin Timnas Israel U-20 tetap akan bermain di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.

Jokowi mengatakan bahwa dirinya sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun untuk tidak mencampurkan urusan olahraga dengan politik. Dengan pernyataan itu, secara tidak langsung Jokowi menegaskan tetap membiarkan Israel U-20 untuk berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023.

“Dan dalam urusan Piala Dunia U-20 ini kita sependapat dengan duta besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi jangan mencampur adukan urusan olahraga dengan politik,” kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3/2023).

Kendati demikian, perlu digaris bawahi bahwa konsistensi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina tak pernah berubah. Tidak akan ada yang berubah mengenai dukungan Indonesia kepada Palestina meskipun Israel akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina. Karena dukungan kita kepada Palestina selalu kukuh dan kuat,” sambung Jokowi.

 

(FW)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Surga di Bawah Langit Bakal Tayang di Hari Film Nasional
Next post Korban Penipuan Travel Umrah Naila Syafaah Capai 500 Orang