Kilang Pertamina Depo Plumpang Jakarta Terbakar

SINMETA.ID, Jakarta – Telah terjadi sebuah ledakan di daerah Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (03/03/2023) malam. Ledakan tersebut dipicu oleh terbakarnya pipa minyak milik Pertamina yang berada di kawasan Depo Pertamina, Plumpang, Jakarta Utara.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD DKI Jakarta mengatakan ledakan besar tersebut dipicu oleh terbakarnya sejumlah pipa yang ada di kawasan tersebut. Kondisi hujan deras disertai petir saat terjadi ledakan dan kebakaran tersebut. Namun pihak BPBD DKI Jakarta masih belum dapat menyimpulkan apakah ledakan dipicu oleh petir atau korselting.

Melalui akun twitternya, BPBD DKI Jakarta menjelaskan bahwa pipa Pertamina yang meledak itu berada di Jl Tanah Merah Bawah, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara.

Lebih lanjut disebutkan bahwa sejauh ini sudah dikerahkan 18 unit pemadam kebakaran untuk mengatasi kebakaran tersebut.

Di media sosial viral berbagai macam video ledakan dari berbagai sudut. Ledakan dan kebakaran tersebut menyebar dengan sangat cepat ke pemukiman pemukiman warga yang ada di sekitarnya. Melalui beberapa video yang beredar di media sosial nampak beberapa korban luka yang berasal dari warga sekitar Depo Pertamina dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Sementara itu sebagian warganet mengatakan bau bensin tercium di perkampungan di sekitar Depo Pertamina Plumpang tersebut sesaat sebelum ledakan dan kebakaran terjadi.

Hingga berita ini diturunkan, Pertamina belum memberikan keterangan resmi terkait insiden tersebut. Belum juga diketahui berapa korban jiwa maupun luka luka yang ditimbulkan dari insiden ini.

Kebakaran di Depo Pertamina Plumpang juga pernah terjadi pada 2009 silam. Kebakaran ketika itu melanda Depo 24 di fasilitas tersebut, yang menampung 5000 kiloliter bensin jenis premium.

Depo Pertamina Plumpang merupakan fasiltias penampungan dan suplai BBM untuk Jakarta dan sebagian Jawa Barat, serta melayani ratusan SPBU.

 

(fw)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post BMKG Himbau Waspada Cuaca Buruk Beberapa Hari ke Depan
Next post Update Ledakan Plumpang, 13 Meninggal Dunia, 29 Luka Luka