KASAU Berharap Monumen Kalipepe Menjadi Inspirasi Dan Motivasi Generasi Penerus TNI AU

Sinmeta-, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo SE, M.P.P.,CSFA., meresmikan Monumen Kalipepe,yang berada di Lanud Adi Soemarmo, Solo (01/12). Saat peresmian KASAU mengatakan, pembangunan monumen yang sarat makna dan indah tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi serta motivasi berharga bagi generasi penerus TNI AU. Kasau juga mengapresiasi sumbangsih yang telah didarma baktikan seluruh alumni AAU 1965 Cadet Kalipepe 65.

“Berdasarkan semangat keakraban yang kuat dari para senior, dibangunlah tonggak sejarah pengabdian Alumni AAU 1965 melalui Monumen Kalipepe di Lanud Adi Soemarmo. Kita berharap peresmian monumen ini dapat menjadi inspirasi,serta motivasi yang berharga bagi kami para generasi penerus TNI AU”, ujar Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Disampailam pula oleh Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bahwa sejarah panjang pengabdian TNI AU yang diwarnai “Tinta Emas” dari perjuangan para perwira Alumni Akademi Angkatan Udara tahun 1965.  Bahkan salah satu putra terbaik bangsa yang pernah memimpin TNI AU juga berasal dari Keluarga Besar Kalipepe,yaitu Marsekal TNI (Purn) Rilo Pambudi yang juga Kepala Staf Angkatan Udara ke-11.

KASAU Berharap Monumen Kalipepe Menjadi Inspirasi Dan Motivasi Generasi Penerus TNI AU

“Senior-senior yang ada di hadapan kami,adalah kebanggaan bangsa yang lahir dari almamater tercinta Akademi Angkatan Udara, yang juga mendapatkan pendidikan dasar kemiliteran di Lanud Adi Soemarmo”, ungkap Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Nama Kalipepe diambil dari nama sebuah sungai di sekitar Lanud Adi Soemarmo (dulu Lanud Panasan) yang airnya sering digunakan oleh 106 calon prajurit TNI AU yang sedang menjalani pendidikan dasar kemiliteran untuk membersihkan diri. Kebiasaan ini dilakukan, karena pada tahun 1961, kebutuhan air bersih di barak tempat para calon prajurit TNI AU tinggal, sangat terbatas.

Meskipun dihadapkan dengan keterbatasan, para calon prajurit TNI AU dapat mengikuti pendidikan dengan lancar. Materi antara lain berupa, latihan menembak, bertempur, halang rintang, baris berbaris, pemeliharaan senjata dan berlatih disiplin.

Setelah selesai mengikuti pendidikan, yang dari jurusan penerbang melanjutkan Sekbang di Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta. Sementara yang Iulusan teknik melanjutkan di Sekolah Perwira Teknik Udara (STPU) di Lanud Husein Sastranegara, Bandung.

KASAU menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Marsekal TNI (Purn) Rilo Pambudi beserta segenap keluarga besar Kalipepe, atas jasa-jasa serta dedikasi yang diberikan kepada organisasi TNI Angkatan Udara.

Hadir dalam acara peresmian, Dankodiklatau Marsdya TNI M. Tony Harjono,S.E.,M.M., Aspers Kasau Marsda TNI Elianto Susetio,S.I.P.,M.Si.,  Aspodirga Kasau Marsda TNI Bowo Budiarto,S.E.,CHRMP., Kadisdikau Marsma TNI Mohammad Syafii., Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah,S.Sos., dan Ketua Keluarga Besar Kalipepe Marsda TNI (Purn) FX. Suwarno. (sigit; foto dispenau)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Meskipun Tidak Antar KASAL Ke DPR Panglima TNI Mendoakan Yudo Margono Sukses Fit And Proper Tes
Next post Smeshub Siap Jadi Solusi UMKM Hadapi Resesi